Tracer Study

Tracer Study adalah suatu metode yang digunakan oleh beberapa perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia, yang berguna untuk memperoleh umpan balik dari alumni. Umpan balik yang diperoleh dari alumni ini dibutuhkan oleh perguruan tinggi untuk evaluasi dalam rangka pengembangan kualitas dan sistem pendidikan. Umpan balik dapat dimanfaatkan pula bagi perguruan tinggi untuk memetakan dunia industri dan usaha agar jeda menggangur saat setelah wisuda dengan bekerja dapat diperkecil.
 
Di negara Indonesia, pelaksanaan Tracer Study ini masih terkendala dari sisi sumber daya, kebutuhan, dan metodologi dalam menerapakannya. Seringkali Tracer Study dilakukan oleh perguruan tinggi hanya karena kebutuhan peningkatan akreditasi perguruan tinggi ang bersangkutan, sehingga dilaksanakan secara tidak rutin. Selain itu, sumber daya perapan Tracer Study ini umumnya masih dianggap kurang maksimal karena penerapan metodologi yang kurang tepat.
 
Pusat Ketenagakerjaan UNP (http://pjk.unp.ac.id/)_merupakan pusat karir di UNP yang diberi wewenang dan tanggungjawab dalam pelaksanaan Tracer Study . Di tahun 2019 ini, Pusat Ketenagakerjaan UNP telah membentuk Tim Tracer Study UNP 2019 dengan menggunakan metodologi yang telah disusun dengan baik, guna pengambilan data dari alumni secara tepat dan akurat dengan mengakses http://tracer.unp.ac.id/.
 

Tujuan Tracer Study UNP

  1. Sebagai umpan balik bagi jaminan kualitas perguruan tinggi atau dalam menentukan kebijakan pendidikan yang sesuai dengan standar pendidikan.
  2. Untuk membantu perguruan tinggi dalam proses akreditasi, baik nasional maupun interasional.
  3. Memberikan masukan dan data penting bagi Human Resource Development (HRD) perusahaan untuk mempertimbangkan alumni yang akan bekerja.
  4. Memberikan bukti empiris mengenai alumni terkait dengan pengalaman bekerjanya.
  5. Untuk memperoleh informasi penting dari alumni untuk evaluasi mahasiswa perguruan tinggi.
  6. Sebagai bahan evaluasi untuk mengetahui relevansi pendidikan tinggi dengan pekerjaan (hardskill, softskill, faktor internal/eksternal, kompetensi, kontribusi, dsb).
  7. Sebagai informasi bagi dosen, staf, mahasiswa, orang tua, HRD perusahaan dan para pelaku pendidikan mengenai alumni/lulusan perguruan tinggi.
 

Manfaat Tracer Study bagi stakeholder dan UNP

  1. Sebagai evaluasi bagi perbaikan kinerja dosen dan staf administrasi.
  2. Sebagai evaluasi perbaikan kurikulum.
  3. Sebagai evaluasi untuk akreditasi nasional dan internasional.
  4. Sebagai evaluasi untuk membangun jaringan/network alumni.
  5. Sebagai database alumni yang terdata berdasarkan jurusan dan angkatan.
  6. Sebagai informasi penting bagi pengembangan perguruan tinggi.
  7. Sebagai alat evaluasi untuk melihat relevansi antara perguruan tinggi dengan dunia usaha dan industry.
  8. Sebagai bahan pertimangan HRD perusahaan dalam merekrut alumni.