W e b s i t e R e s m i P r o g r a m M a g i s t e r M a n a j e m e n ( S 2 ) F E U N P

Tracer Study

Dalam studi pelacakan lulusan dilakukan metode Survey. Survey dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada pengguna lulusan atau atasan lulusan prodi. Kuesioner tersebut mencakup; integritas, keahlian, keluasan wawasan, kepemimpinan, kerjasama dalam tim, bahasa asing, komunikasi, penggunaan teknologi informasi dan pengembangan diri. Kuesioner dibagikan kepada pemakai lulusan yang bekerja di perbankan (20 buah), Perusahaan daerah (PDAM) sebanyak 3 buah, perusahaan swasta sebanyak 15 buah, dan instansi pemerintah provinsi dan kabupaten/kota sebanyak 40 buah. Dari jumlah tersebut, kuesioner yang dikembalikan dan mengisi semua pernyataan dengan baik sebanyak 60 buah. Survey ini ditujukan untuk mengetahui sejauh mana respon pengguna lulusan Program Studi terhadap kinerja dan kompetensi lulusan dalam menghadapi pekerjaan. Diakhir kuesioner juga diberikan kesempatan kepada pengguna lulusan untuk memberikan saran atau umpan balik kepada prodi. Proses pelaksanaan studi pelacakan dimulai dengan mendata seluruh perusahaan, lembaga dan instansi pengguna lulusan prodi. Berdasarkan data tersebut dikelompokkan pada 3 kelompok yaitu perbankan, perusahaan daerah, dan pemerintah daerah (provinsi Sumatera Barat dan Kabupaten/Kota). Selanjutnya berdasarkan banyaknya lulusan maka ditentukan alokasi setiap kelompok pengguna tersebut. Kemudia disebarkan kuesioner secara langsung dengan mendatangi pengguna. Untuk pengumpulan data digunakan enumerator yaitu mahasiswa dan alumni prodi. Alumni yang dilibatkan adalah yang kantornya tidak terlibat dalam survey tersebut. Setelah data terkumpul maka dilakukan pengolahan data dengan menghitung persentase jawaban responden. Selanjutnya dianalisis dan diinterpretasikan serta disusun laporannya yang disampaikan ke Dekan Fakultas Ekonomi UNP.

Studi pelacakan lulusan dilakukan untuk melihat tingkat kualitas atau kompetensi lulusan berdasarkan penilaian penggunanya. Tujuannya agar Program Studi memperoleh informasi tentang kompetensi lulusannya dan melakukan perbaikan sesuai dengan tuntutan kompetensi dan umpan balik yang disampaikan oleh pengguna lulusan. Hasil studi pelacakan ini sangat bermanfaat bagi prodi. Hasil studi ini telah dijadikan sebagai  salah satu sumber informasi untuk melakukan pengembangan kurikulum pembelajaran, perbaikan metode pembelajaran, dan peningkatan mutu manajemen, serta perbaikan dan pengadaan sarana-prasarana pembelajaran di prodi Magister Manajemen FE UNP.      

Studi pelacakan lulusan ini juga dijadikan prodi sebagai salah satu batu pijak dalam membangun hubungan baik dengan pengguna lulusan. Melalui studi ini prodi membangun komunikasi dengan pengguna lulusan dalam mendapatkan informasi tentang kompetensi lulusan yang dibutuhkan pengguna. Disamping itu prodi juga telah memanfaatkan hubungan baik dengan pengguna sebagai ajang sosialisasi ketika penerimaan mahasiswa baru. Sebagian dari responden yang memenuhi syarat (berpendidikan S2) telah diundang ke kampus sebagai nara sumber dalam diskusi panel dan seminar yang dilakukan setiap semester khusus bagi mahasiswa semester III.

UNP Smart