W e b s i t e R e s m i P r o g r a m M a g i s t e r M a n a j e m e n ( S 2 ) F E U N P

Riset & Publikasi

Kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan bagian dari tridharma perguruan tinggi, oleh sebab itu dosen tetap program studi umumnya telah melakukan kedua kegiatan ini setiap tahun. Namun masih terdapat beberapa orang dosen tetap yang jumlah penelitiannya masih relatif sedikit. Program studi telah memotivasi dosen untuk melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk memotivasi dosen, program studi menawarkan pelaksanaan seminar proposal, seminar hasil penelitian dan penerbitan hasil penelitian dan karya ilmiah dosen program studi. Program studi juga menyediakan sarana untuk tempat dosen bekerja. Hal ini terkait dengan kebijakan universitas bahwa seluruh dana kegiatan penelitian dipusatkan di Lembaga Penelitian, sehingga program studi tidak bisa mengalokasikan anggarannya langsung dalam kegiatan penelitian. Oleh sebab itu universitas mengalokasikan sebagian dana yang disumbangkan program studi untuk kegiatan penelitian dosen.

Penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh dosen tetap umumnya sesuai dengan bidang keahliannya. Penelitian dosen terutama untuk pengembangan ilmu dan penyelesaian disertasi dosen tersebut. Biaya yang dipergunakan untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat umumnya berasal dari biaya operasional perguruan tinggi (BOP), instansi pemerintah, dan biaya sendiri.

Sebagian besar penelitian dosen ruang lingkup jaringannya adalah nasional. Namun terdapat beberapa penelitian dosen tetap yang merupakan penelitian bersama dengan Deakin University Australia. Universitas Negeri Padang mempunyai kerjasama dengan Deakin University dalam kegiatan riset dan publikasi hasil penelitian. Kegaiatan ini sudah berjalan sejak tahun 2010 dan sebagian dosen program studi terlibat langsung dalam kerjasama kegiatan penelitian tersebut.

Umumnya penelitian dosen masih menggunakan pendekatan dan pemikiran yang berkembang beberapa tahun terakhir, namun sebagian diantaranya sudah menggunakan pendekatan dan pemikiran baru dalam penelitian. Penelitian dosen bersifat pengembangan ilmu dan pemecahan masalah yang terjadi di masyarakat, demikian juga dengan penelitian mahasiswa. Oleh sebab itu dampak penelitian dosen dan mahasiswa  program studi sangat bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan, produktivitas dan pemecahan masalah di masyarakat atau lingkungan kerja mahasiswa tersebut. Penelitian mahasiswa umumnya untuk memecahkan masalah yang terjadi di lingkungan kerjanya, sehingga sangat berguna untuk peningkatan kinerja atau produktivitas kerja di lembaga atau instansi tempat mereka bekerja.

Penelitian dosen pada umumnya dilakukan sesuai dengan agenda penelitian yang mereka susun. Penelitian yang dilakukan melibatkan tim, terutama penelitian yang dibiayai oleh pemerintah,  universitas atau kerjasama. Penelitian yang didanai oleh negara tersebut juga melibatkan mahasiswa baik mahasiswa S1 maupun mahasiswa S2. Namun kelemahan selama ini, adalah mahasiswa yang dilibatkan tersebut tidak didokumentasikan secara baik sehingga tidak terdeteksi oleh program studi. Disamping itu penelitian dosen tidak hanya difokuskan dengan program studi magister saja, tetapi juga di fakultas secara umum, tanpa memperhatikan asal mahasiswanya. Mahasiswa S2 umunya juga sudah bekerja, sehingga waktu yang tersedia untuk terlibat dalam penelitian sangat sedikit.

Dari data tentang penelitian dosen pada umumnya 95% penelitian dosen sudah sesuai dengan bidangnya. Hanya 5% saja penelitian dosen yang kurang sesuai dengan bidangnya. Penelitian seperti ini biasanya karena penelitian kerjasama dengan dosen lain, sehingga mereka sebagai anggota, namun penelitian tersebut masih memiliki keterkaitan dengan bidang keahlian dosen tersebut. Disamping penelitian, dosen tetap program studi juga menghasilkan artikel setiap tahunnya. Hasil penelitian yang dilakukan dosen pada umumnya dijadikan artikel. Artikel tersebut dipublikasikan melaui jurnal dan seminar baik nasional maupun internasional. (data jumlah penelitian dan publikasi di perlihatkan dalam borang IIIA.)

Dosen program studi juga telah melakukan pengabdian kepada masyarakat. Namun jumlah pengabdian kepada masyarakat lebih sedikit dibandingkan penelitian dosen. Penelitian dosen dibiayai dengan dana lembaga pengabdian kepada masyarakat UNP, Kementerian Pendidikan, kerasama dengan lembaga pemerintah, dan biaya sendiri. Jumlah pengabdian dosen tetap didominasi oleh biaya sendiri. Hal  ini karena relatif kecilnya ketersediaan dana untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat di UNP.

Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dosen tetap proram studi memberikan dampak terhadap peningkatan pengetahuan masyarakat. kegiatan pengabdian dalam bentuk pelatihan, pendidikan, pembinaan yang dilakukan dosen sangat berdampak pada pengetahuan masyarakat tersebut. Selanjutnya pengetahuan yang meningkat berdampak pada peningkatan produktivitas dan sikap positif mereka.

UNP Smart