W e b s i t e R e s m i P r o g r a m M a g i s t e r M a n a j e m e n ( S 2 ) F E U N P

Proses Perkuliahan

Pilihan Perkuliahan:

1. Reguler Pagi (Selasa, Rabu, dan Kamis; jam 08:30 - 12:10 WIB)

2. Reguler Sore (Selasa, Rabu, dan Kamis; jam 16:30 - 20:40 WIB)

3. Reguker Jumat, Sabtu, Minggu (Jumat; jam 19:00 - 20:40, Sabtu, jam 14:00 - 20:40, dan Minggu, jam 08:00 - 11:25)

  1. Proses Perkuliahan

Struktur kurikulum prodi MM FE UNP dirancang secara berjenjang atau berantai sesuai dengan logika atau struktur keilmuannya. Penyusunan kurikulum juga dipertimbangkan kompetensi yang harus di hasilkan sesuai dengan tujuan dan sasaran strategis prodi dengan mempertimbangkan KKNI. Oleh sebab itu pada semester I diberikan mata kuliah yang menjadi tonggak ilmu manajemen, selanjutnya Semester II merupakan lanjutandari mata kuliah di semester I. pada semester III diberikan mata kuliah sesuai dengan pilihan konsentrasi yang menunjang kompetensi khusus mahasiswa sesuai dengan peminatannya. Susunan mata kuliah Program Studi Magister Manajemen FE UNP dapat dilihat pada Buku Pedoman Akademik MM FE UNP.

Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang menyelenggarakan perkuliahan dengan sistem semester dan satuan kredit yang digunakan adalah Satuan Kredit Semester. Artinya, satu tahun akademik dibagi menjadi 2 (dua) semester, masing-masing selama 16 kali pertemuan yaitu 14 kali tatap muka dan 2 kali ujian terstruktur  (selama 16 minggu). Dalam satu tahun terdiri dari 2 semester, yaitu semester ganjil dan genap. Semester ganjil dimulai bulan Juli sampai bulan Desember. Sedangkan semester genap mulai Januari sampai Juni.

        Kurikulum Prodi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang dirancang sedemikian rupa sehingga memungkinkan mahasiswa mencapai kompetensi yang diinginkan dan menyelesaikan studinya dalam masa studi 4 (empat) semester.

Beban studi pada Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang yang harus ditempuh oleh mahasiswa 46 sks yang terdiri dari 26 SKS mata kuliah inti, 12 sks mata kuliah konsentrasi dan 8 SKS untuk tesis (6 SKS penulisan tesis dan 2 SKS untuk ujian tesis). Perkuliahan dapat ditempuh dalam waktu 3 semester dan selama-lamanya 10 semester  termasuk waktu penyusunan tesis. Untuk menyamakan pengetahuan dan membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dasar maka kepada seluruh mahasiswa baru diwajibkan mengikuti kuliah matrikulasi. Matrikulasi dilaksanakan selama 4 kali pertemuan untuk 4 mata kuliah dan 0 SKS. Mata kuliah matrikulasi adalah: teori ekonomi, matematika ekonomi, bahasa inggris, dan statistika.

Mahasiswa yang telah mengikuti perkuliahan matrikulasi dapat mengikuti perkuliahan reguler mulai dari semester I sampai semester III. Perkuliahan reguler dirancang untuk menghasilkan learning outcome yang dapat mencapai kompetensi lulusan yang diharapkan. Untuk itu setiap dosen mata kuliah diwajibkan menyusun rencana pembelajaran berupa Silabus dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP). Dalam rancangan silabus akan dapat dilihat tujuan (learning outcome) mata kuliah yang bersangkutan. Secara keseluruha perkuliahan reguler dilaksanakan dalam 3 semester. Pada semerter I dan II, seluruh mahasiswa wajib mengambil seluruh mata kuliah yang ditawarkan (26 SKS). Hal ini untuk mempersiapkan mahasiswa sebagai calon pemimpin yang harus menguasai seluruh konsep-konsep manajemen. Selanjutnya pada semester III mahasiswa dapat memilih mata kuliah yang diambilnya dengan memilih konsentrasi yang diminatinya (12 SKS). Mahasiswa juga diwajibkan menulis tesis dan ujian tesis yang bersifat komprehensif (8 SKS). Perkuliahan dilaksanakan 16 kali pertemuan yang terdiri dari 14 kali perkuliahan dan 2 kali ujian tengah semester dan ujian akhir semester. 

 

B.  Tugas-tugas Khusus

Nilai akhir (final grade) mencerminkan keseluruhan prestasi akademik mahasiswa selama mengikuti perkuliahan dalam satu semester. Komponen pembentuk nilai akhir mata kuliah sebagian besar terdiri dari ujian tengah semester, ujian akhir semester, tugas-tugas khusus, studi lapangan, presentasi, book report dan lain-lain. Bobot penilaian diserahkan sepenuhnya kepada dosen pengampu dan tercantum dalam silabus.

Tugas-tugas khusus diberikan pada mahasiswa untuk menunjang kompetensi mahasiswa yang tercantum dalam tujuan pembelajaran (learning outcome) mata kuliah tersebut. Tugas-tugas khusus yang diberikan dosen selalu terkait dengan materi perkuliahan yang dibahas dan dicantumkan dalam rencana pembelajaran. Tugas-tugas khusus tersebut dapat berupa penugasan yang memberikan penguatan pemahaman bagi mahasiswa atas materi perkuliahan yang dibahas atau penguatan (pengayaan) untuk menunjang pemahaman mahasiswa terhadap materi yang dibahas dalam perkuliahan. Tugas-tugas khusus yang diberikan dapat dilaksanakan secara individu atau kelompok, baik dalam bentuk pendalaman konsep dan teori maupun pemecahan masalah manajemen yang dihadapi suatu perusahaan (berupa kasus). Bobot penilaian tugas-tugas khusus yang diberikan dirangkum dalam total penilaian suatu mata kuliah. Besaran bobot tugas-tugas khusus tersebut sepenuhnya menjadi wewenang setiap dosen, namun tidak boleh melebihi 20%.

 

C. Field Study

Untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa pada aktivitas bisnis pada beberapa perusahaan swasta maupun publik Program Magister Manajemen FE Universitas Negeri Padang mewajibkan kepada mahasiswa untuk mengikuti fild study local dan pelaksanannya pada akhir (setelah UAS) semester dua. Untuk menambah wawasan mahasiswa atas perusahaan multinasional, Program Magister Manajemen Universitas Negeri Padang mewajibkan kepada mahasiswa untuk mengikuti field study internasional. Pelaksanaannya setelah perkulihanan (UAS) semester 3 (perkuliahan konsentrasi). Namun untuk 2 tahun terakhir ini Program Magister Manajemen hanya melaksanakan field study internasional yang diwajibkan kepada mahasiswa, sementara untuk field study local diserahkan kepada dosen Pembina mata kuliah semester I dan II yang memerlukan studi lapangan.

 

D. Penelitian dan Penulisan Tesis

Penulisan tesisis merupakan proses penelitian yang dilakukan secara sistematis dan terstruktur berdasarkan kaidah keilmuan. Penulisan tesis sebagai salah persyaratan bagi mahasiswa untuk menamatkan studinya. Penulisan tesis ini sangat penting untuk membangun kompetensi penelitian dan pengambangan lulusan. Secara umum penulisan tesis bertujuan untuk membangun kompetensi Mahasiswa untuk berfikir sistematis, terstruktur dan logis. Penulisan tesis juga dapat membangun cara berpikir komprehensif pada mahasiswa. Mahasiswa juga dapat berpikir induktif dan deduktif, sehingga mereka dapat menganalisis kondisi riil dan menemukan masalah, memikirkan dampak dan penyebab masalah tersebut. Mahasiswa juga didorong untuk memecahkan masalah dengan konsep dan teori yang relevan dan komprehensif. Dengan demikian penulisan tesis sangat bermanfaat untuk membangun kompetensi berfikir yang logis dan komprehensif dalam pemecahan masalah yang terjadi.

Mahasiswa yang sudah menempuh perkuliahan selama 2 semester dan dinyatakan lulus semua mata kuliah yang dibebankan maka mahasiswa tersebut sudah boleh mengajukan proposal penelitian untuk menentukan dosen Pembimbing (Pembimbing Utama dan Ko-Pembimbing). Selama perkuliahan konsentrasi mahasiswa boleh menyusun proposal dan melakukan penelitian awal (penelitian pendahuluan), dan seminar proposal tesis. Namun untuk ujian tesis mahasiswa harus lulus dan selesai semua mata kuliah (inti dan konsentrasi). Artinya mahasiswa dapat melaksanakan ujian tesis pada semester 4 setelah semua persyaratan akademik telah dipenuhi. 

UNP Smart