W e b s i t e R e s m i P r o g r a m M a g i s t e r M a n a j e m e n ( S 2 ) F E U N P

Kurikulum

Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pembelajaran yang akan diberikan kepada mahasiswa dalam suatu periode dan jenjang pendidikan. Kurikulum program studi dirancang sesuai dengan visi, misi, tujuan dan sasaran strategis program studi.  Mengacu pada visi dan misi, maka dirumuskan kompetensi lulusan. Berdasarkan kompetensi lulusan yang akan dicapai, maka diturunkan kepada mata kuliah yang ditawarkan kepada mahasiswa. Setiap mata kuliah dirumuskan kompetensi atau learning out come yang harus dicapai pada akhir perkuliahan. Pada akhirnya learning out come dari setiap mata kuliah bermuara pada pencapaian sasaran dengan mengadopsi KKNI (Kerangka Kompetensi Nasional Indonesia)

Untuk menghasilkan lulusan dengan kompetensi yang diharapkan, maka dirancang sejumlah mata kuliah dengan kompetensi tertentu. Setiap mata kuliah memiliki kompetensi sasaran, kemudian dirancang materi atau konten setiap mata kuliah. Struktur kurikulum yang dirancang mencakup perkuliahan, tugas-tugas khusus yang harus dilaksanakan baik oleh mahasiswa maupun dosen, penulisan tesis. Struktur kurikulum yang disusun sejalan dengan standar kompetensi lulusan program studi. Program studi memiliki buku panduan yang berisi rancangan mata kuliah yang akan ditawarkan kepada mahasiswa. Setiap mata kuliah program studi telah memiliki deskripsi, silabus dan SAP.

Program studi telah merancang mata kuliah yang akan diberikan kepada mahasiswa untuk 4 semester. Selama 3 semester dilakukan tatap muka. Pada semester pertama dan kedua berisi mata kuliah inti. Sedangkan semester III berisi mata kuliah konsentrasi yaitu sebanyak 4 mata kuliah atau 12 SKS. Kemudian pada semester IV terdapat tesis dan ujian tesis. Setiap mata kuliah diarahkan untuk mencapai kompetensi sesuai kompetensi lulusan program studi yang diturunkan dari visi dan misi. Lulusan program studi harus unggul dalam kompetensi soft skill berupa etika, moral serta kreatifitas  dan inovatifitas. Oleh sebab itu dalam setiap mata kuliah materi etika bisnis dan etika manajer serta inovatifitas dan kreatifitas dijadikan bagian yang penting. Kepada mahasiswa ditawarkan pilihan mata kuliah sesuai dengan pilihan konsentrasi mahasiswa yang bersangkutan. Oleh sebab itu mahasiswa ditawarkan memilih salah satu dari 5 konsentrasi; yaitu manajemen sumberdaya manusia, manajemen pemasaran, manajemen publik, manajemen sekolah, dan manajemen keuangan daerah. Dengan demikian kurikulum program studi telah menggambarkan fleksibilitas pilihan mata kuliah karena pilihan yang ditawarkan lebih dari 3  x jumah SKS yang akan dipilih. Setiap mahasiswa memilih konsentrasi yang menawarkan masing-masing 12 SKS. Sedangkan program studi telah menawarkan 5 konsentrasi  dengan 60 SKS. 

Relevansi kurikulum dengan kebutuhan stakeholder terus dipelihara. Hal ini tercermin dari materi dan metode pembelajaran yang digunakan dosen. Materi kuliah diambil dari perkembangan kebutuhan pemakai (users) dan juga perkembangan IPTEKS. Relevansi juga tergambar dalam metode  mengajar dosen yang menggunakan berbagai pendekatan. Proses pembelajaran menggunakan kasus, studi lapangan dan diskusi merupakan upaya untuk menjadikan kurikulum dan materi yang didiskusikan relevan dengan kondisi dan issu-issu terkini yang terjadi di masyarakat.

Program studi telah mengembangkan kurikulum dengan kurikulum yang baru. Pengembangan kurikulum tersebut dengan mempertimbangkan masukan dari keseluruhan stakeholder (baik internal maupun eksternal) dan berorientasi pada kurikulum berbasis KKNI. Pengembangan kurikulum juga didasarkan pada visi dan misi program studi. Perkembangan IPTEKS yang sangat cepat khususnya bidang manajemen, ikut menjadi bahan penting dalam pengembangan Kurikulum 2013 tersebut. Sedangkan umpan balik dan masukan dari pengguna dilakukan baik melalui diskusi langsung maupun melalui survey penjajakan alumni. Berdasarkan hasil pelacakan penggunaan (user), para pengguna lulusan merasa puas dengan kinerja dan kompetensi lulusan program studi. Indikator yang dinilai adalah integritas (etika dan moral), keahlian berdasarkan bidang ilmu (kompetensi utama), bahasa Inggris, penggunaan teknologi informasi, komunikasi, kerjasama tim dan pengembangan diri. Metode yang dilakukan adalah survey dengan menggunakan kuesioner kepada pimpinan dan atau bawahan alumni. Hal ini ditujukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna lulusan  terhadap kinerja dan kompetensi mereka dalam bekerja.

Struktur dan isi kurikulum dirancang agar lulusan program studi mempunyai kompetensi sesuai dengan KKNI yaitu kemampuan bidang kerja, menguasai pengetahuan bidang keilmuannya, mempunyai kemampuan manajerial, dan sikap serta tata nilai yang berlaku umum. Lulusan program studi (sesuai dengan KKNI pada level 8) diarahkan agar (1) mampu mengembangkan IPTEKS dalam bidang keilmuannya melalui riset sehingga menghasilkan karya inovatif dan teruji, (2) mampu memecahkan permasalahan IPTEKS di dalam bidangnya melalui pendekatan interdisipliner atau multidisipliner, (3) mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional atau internasional. KKNI pada level ke 8 tersebut menuntut lulusan magister yang mampu mengembangkan pengetahuan bidangnya secara inovatif, mampu memecahkan masalah secara konseptual dan mampu mengelola riset yang bermanfaat sehingga diakui secara nasional atau internasional

Berdasarkan tuntutan KKNI, kebutuhan pemakai, perkembangan IPTEKS maka dirancang kurikulum tahun 2013 yang mulai diimplementasikan pada mahasiswa tahun masuk 2014 yang akan datang. Kurikulum  disusun untuk pembelajaran selama empat semester. Rancangan mata kuliah yang disusun selaras dengan kompetensi lulusan yang akan dihasilkan. Lulusan yang mempunyai kompetensi tersebut mereka akan mampu bekerja dibidangnya dengan baik, menguasai pengetahuan di bidangnya, mempunyai kemampuan manajerial dan memiliki sikap dan tata nilai sesuai dengan budaya umum yang berlaku.

Kurikulum 2013:

 

No Sem Kode MK Nama Matakuliah SKS Sifat Kelompok
Jml P T L
1 2 MNJ052 Metodologi Penelitian Bisnis
(Business Research Methodology)
3 0 3 0 W Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)
2 1 MNJ051 Etika dan Hukum Bisnis
(Business Ethics and Law)
2 0 2 0 W Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)
3 4 MNJ033 Tesis
(Thesis)
6 0 6 0 W Tesis
4 3 MNJ049 Manajemen dan Evaluasi Proyek
(Project Management and Evaluation)
3 0 3 0 P Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)
5 3 MNJ048 Manajemen Pelayanan Publik
(Public Service Management)
3 0 3 0 P Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)
6 3 MNJ031 Manajemen Keuangan Publik
(Public Financial Management)
3 0 3 0 P Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)
7 3 MNJ030 Manajemen Strategi Publik
(Public Strategic Management)
3 0 3 0 P Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)
8 3 MNJ047 Manajemen Pemasaran Jasa
(Service Marketing Management)
3 0 3 0 P Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)
9 3 MNJ046 Strategi Pemasaran dan Keunggulan Bersaing
(Marketing Strategy and Competitive Adventage)
3 0 3 0 P Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)
10 3 MNJ014 Manajemen Pemasaran Global
(Global Marketing Management)
3 0 3 0 P Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)
11 3 MNJ015 Perilaku Konsumen
(Consumer Behavior)
3 0 3 0 P Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)
12 3 MNJ017 Kepemimpinan
(Leadership)
3 0 3 0 P Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)
13 3 MNJ020 Manajemen Perubahan
(Management Of Change)
3 0 3 0 P Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)
14 3 MNJ018 Perilaku Organisasi
(Organization Behavior)
3 0 3 0 P Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)
15 3 MNJ045 Human Capital dan Manajemen Talen
(Human Capital and Talent Management)
3 0 3 0 P Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)
16 3 MNJ044 Studi Lapangan Internasional
(International Field Study)
1 0 0 1 P Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)
17 2 MNJ043 Manajemen Bisnis Internasional
(International Business Management)
2 0 2 0 W Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)
18 2 MNJ042 Manajemen dan Kebijakan Publik
( Public Management and Policy)
2 0 2 0 W Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)
19 2 MNJ010 Manajemen Sistem Informasi
(System Information Management )
2 0 2 0 W Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)
20 2 MNJ009 Manajemen Strategik
(Strategic Management)
2 0 2 0 W Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)
21 2 MNJ040 Analisis Kuantitatif Bisnis
(Quantitative Analysis Business)
3 0 3 0 W Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)
22 1 MNJ038 Manajemen Sumberdaya Manusia Lanjutan
(Advanced Human Resource Management)
3 0 3 0 W Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)
23 1 MNJ037 Manajemen Operasi/Produksi Lanjutan
(Advanced Operation and Production Management)
3 0 3 0 W Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)
24 1 MNJ036 Manajemen Pemasaran Lanjutan
(Advanced Marketing Management)
3 0 3 0 W Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)
25 1 MNJ035 Manajemen Keuangan Lanjutan
(Advanced Financial Management)
3 0 3 0 W Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)

Keterangan: W : Wajib P : Pilihan

UNP Smart