W e b s i t e R e s m i P r o g r a m M a g i s t e r M a n a j e m e n ( S 2 ) F E U N P

Etika Akademik

  1. Persyaratan Perkuliahan

Persyaratan perkuliahan yang dilaksanakan di prodi MM FE UNP adalah sebagai berikut:

  1. Pada saat perkuliahan perdana, dosen dan mahasiswa wajib menyepakati kontrak perkuliahan yang akan dilaksanakan selama satu semester kedepan. Saat itu juga dosen wajib membagikan Silabus mata kuliah yang bersangkutan.
  2. Perkuliahan harus dilaksanakan sebanyak 14 kali pertemuan. Setiap mahasiswa wajib mengikuti perkuliahan minimal 80% atau 12 kali.
  3. Mahasiswa dan atau dosen hanya diberikan batas toleransi keterlambatan 15 menit. Jika dosen dan atau mahasiswa terlambat lebih dari 15 menit maka mereka tidak dibenarkan memasuki ruangan kuliah. Oleh sebab itu setiap dosen diberitahu atau diingatkan tentang jadwal kuliahnya 1 jam sebelum perkuliahan di mulai.
  4. Mahasiswa dan dosen wajib berpakaian rapi dan sopan selama di kampus.
  5. Dosen dan mahasiswa tidak diperkenankan menggunakan mobile phone didalam kelas dan harus me-off-kannya selama perkuliahan berlangsung.
  6. Setiap dosen diwajibkan memberikan tugas-tugas kepada mahasiswa untuk dikerjakan diluar kelas baik mandiri maupun kelompok.
  7. Dosen Pembina mata kuliah wajib membagikan materi kuliah kepada mahasiswa sebelum perkuliahan dimulai.
  8. Jika kehadiran mahasiswa kurang dari 80% maka diwajibkan melengkapi kekurangan perkuliahannya dengan mengikuti perkuliahan tambahan atau penugasan tambahan. Jumlah ketidakhadiran dan beban tugas atau kuliah tambahan yang harus dilaksanakan adalah sebagai berikut.

No

Jumlah Sesi Tidak Hadir

Faktor Presensi

Beban Tugas

1

1 kali

93%

0

2

2 kali

86%

0

3

3 kali

79%

1 Tutorial Tugas

4

4 kali

71%

1 x Tutorial Tatap Muka dan 1 Tugas

5

5 kali

64%

2 x Tutorial Tatap Muka dan 1 Tugas

Disamping persyaratan diatas, mahasiswa diwajibkan mematuhi tata tertib perkuliahan yaitu:

  1. Berpakaian rapi dan sopan: tidak bersandal, tidak mengenakan jeans, ataupun berkaos.
  2. Mahasiswa dilarang makan dan merokok di dalam ruang kelas saat perkuliahan berlangsung.
  3. Mahasiswa dilarang terlambat atau keluar masuk ruang kelas selama proses perkuliahan berlangsung yang akan mengganggu ketertiban dan kelancaran proses belajar mengajar. Dosen mempunyai wewenang untuk mengambil kebijakan yang diperlukan dalam rangka terwujudnya manajemen kelas yang baik.
  4. Mahasiswa wajib memiliki buku teks.
  1. Persyaratan Ujian

Sesuai dengan buku pedoman akademik Prodi MM FE UNP ditetapkan persyaratan ujian Tengah dan Akhir semester serta ujian tesis sebagai berikut:

  1. Mahasiswa diwajibkan memiliki kehadiran minimal 80% untuk setiap mata kuliah
  2. Untuk mengikuti ujian tesis, mahasiswa harus telah lulus semua mata kuliah dengan IPK minimal 3.00.
  3. Untuk mengikuti ujian tesis, mahasiswa telah menyelesaikan draf tesis dan disetujui oleh kedua dosen pembimbing
  4. Mendapat rekomendasi untuk ujian tesis dari dosen pembimbing
  5. Membuat surat pernyataan bahwa tesis tersebut bukan ciplakan atau plagiat dan dikerjakan sendiri oleh yang bersangkutan
  6. Telah mencapai skor TOEFL 475 ditandai dengan sertifikat atau surat keterangan dari lembaga tes TOEFL tersebut.
  7. Tidak dibenarkan melakukan kerjasama selama ujian berlangsung
  8. Berpakaian rapi dan sopan: tidak bersandal, tidak mengenakan jeans, ataupun berkaos
  9. Mahasiswa diwajibkan hadir tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditentukan. Bagi mahasiswa yang datang terlambat lebih dari 15 menit tidak diperkenankan mengikuti ujian. Mahasiswa yang datang terlambat kurang dari 15 menit tidak diberi perpanjangan waktu.
  10. Mahasiswa diwajibkan menandatangani daftar hadir ujian.
  11. Selama ujian berlangsung, mahasiswa dilarang:
  12. Membawa handphone ke meja ujian
  13. Meminjam buku/catatan/peralatan milik mahasiswa lain.
  14. Membuat keributan.
  15. Mengaktifkan alat komunikasi.
  16. Meninggalkan ruangan sebelum ujian berakhir, mahasiswa yang meninggalkan ruangan sebelum batas waktu berakhir dianggap telah menyelesaikan ujiannya.
  17. Melakukan kecurangan dalam ujian meliputi: menyontek atau kerjasama

Sanksi bagi mahasiswa yang melakukan pelanggaran tata tertib ujian adalah nama mahasiswa akan dicatat dalam Berita Acara Ujian yang mengakibatkan hasil ujian dinyatakan tidak lulus untuk mata kuliah yang bersangkutan.

          Syarat Kelulusan

Seorang mahasiswa dapat dinyatakan lulus dari Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang dan berhak memperoleh gelar MM dengan syarat:

  1. Sudah mengambil/menempuh seluruh mata kuliah inti (26 SKS), mata kuliah konsentrasi (12 SKS) dan Tesis (8 SKS) sebanyak 46 SKS.
  2. Mempunyai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimum 2.75 tanpa nilai D dan maksimum mempunyai 2 (dua) nilai  C.
  3. Dinyatakan lulus ujian tesis.

       Mahasiswa dinyatakan mempunyai status kelulusan Dengan Pujian apabila:

  1. Lulus dengan IPK minimal 3.70.
  2. Tidak terdapat pengulangan mata kuliah atau perbaikan komponen mata kuliah.

Pelaksanaan perkuliahan di Prodi Magister Manajemen dilaksanakan dalam 2 pedekatan. Pertama kelas regular sore yaitu perkuliahan yang dilaksanakan setiap hari Selasa, Rabu, Kamis dan Jumat. Kegiatan perkuliahan dimulai jam 16.30 sampai 20.45. Kedua kelas regular Jumat, Sabtu dan Minggu. Dilaksanakan mulai jam 16.00 sore sampai Minggu Jam 13.15. Pelaksanaan perkuliahan dilaksanakan sesuai dengan Buku Pedoman Akademik UNP. Setiap SKS dilaksanakan perkuliahan tatap muka 50 menit, tugas terstruktur 50 dan tugas mandiri 50 menit. Metode perkuliahan yang dilaksanakan berupa, perkuliahan dalam bentuk ceramah, diskusi, role playing, pembahasan kasus, studi lapangan, dan lain-lain. Sejak Prodi MM FE UNP berdiri tahun 2001 sampai saat ini tidak pernah mahasiswa tidak belajar karna dosen tidak ada atau tidak hadir. Hal ini dilakukan dengan membentuk Team Teaching dan jika team teaching berhalangan hadir maka digantikan oleh mata kuliah lainnya, sehinga mahasiswa akan belajar penuh sesuai jadwal perkuliahan yang telah ditetapkan sebelumnya. Untuk memperkecil ketidakhadiran dosen maka, 1 jam sebelum perkuliahan dimulai maka seluruh dosen akan dihubungi dan mengingatkan jadwal perkuliahannya, sehingga dosen selalu masuk dan keluar kelas secara on-time.

Kendala perkuliahan secara umum belum ada yang berarti, karena semua dosen mempunyai komitmen yang tinggi untuk melaksanakan perkuliahan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. 

 

  1. Perkembangan Ilmu Mutakhir

Perkembangan ilmu terus terjadi dan setiap dosen harus perkembangan tersebut. Oleh sebab itu prodi selalu membantu dosen untuk mengikuti perkembangan ilmu mutakhir. Beberapa sumber utama yang dijadikan sebagai bahan rujukan Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang dalam rangka mengikuti perkembangan ilmu mutakhir, yaitu:

  1. Internet berupa e-book atau e-journal ilmiah yang sudah on-line dengan e-library  
  2. Sharing knowledge dan experience jika ada dosen yang menyelesaikan studi, mengikuti seminar, konferensi, workshop, atau penelitian.
  3. Textbook;
  4. Artikel dari Jurnal Ilmiah;
  5. Artikel dari Jurnal Bisnis Populer.

Pada awal semester sebelum perkuliahan dimulai selalu diadakan rapat koordinasi bagi dosen-dosen pengampu mata kuliah. Dalam rapat ini, apabila terbit edisi baru dari textbook yang digunakan, pengelola akan meminta dosen sesuai bidang masing-masing untuk memperbaharui textbook yang digunakan.

Disamping selalu menggunakan textbook edisi terbaru, upaya Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang untuk selalu mengikuti perkembangan ilmu mutakhir dilakukan dengan meminta dosen-dosen untuk melengkapi materi ajarnya dengan bahan-bahan yang diambil dari buku, artikel, jurnal terbaru dari bidang masing-masing. Selain itu Universitas Negeri Padang juga berlangganan jurnal electronic ProQuest dan Ebsco yang dapat diakses oleh dosen dan mahasiswa MM FE UNP.

UNP Smart