W e b s i t e R e s m i P r o g r a m M a g i s t e r M a n a j e m e n ( S 2 ) F E U N P

Akademik

Kurikulum Pendidikan di Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang dirancang dan disusun secara khusus dengan mempertimbangkan antara muatan dan proses pembelajaran yang mengacu pada lulusan yang memiliki kompetensi sesuai dengan visi, misi, tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan Program MM FE UNP.

  1. Kompetensi Utama Lulusan:
    1. Pengembangan Pengetahuan dan Keilmuan:
      1. Mampu memahami konsep dan teori pada semua area fungsional manajemen dan proses bisnis
      2. Mampu mengembangkan pengetahauan dan keilmuan bidang manajemen atau praktek profesional manajemen melalui riset yang dilakukannya
    2. Keterampilan Pemecahan Masalah:
      1. Mampu menganalisis kondisi sehingga menemukan peluang dan ancaman yang terjadi dari perubahan lingkungan eksternal
      2. Mampu memecahkan masalah dibidang kerjanya dengan pendekatan konsep manajemen dan komprehensif (multidisipliner).
    3. Kemampuan mengelola Riset dan Pengembangan

Mampu mengelola riset dan pengembangan di organisasinya sehingga menghasilkan karya inovatif yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan pembangunan bangsa.

  1. Kemampuan manajerial
  1. Mampu bekerjasama dan menjelaskan ide-ide dan hasil pikirannya, baik secara lisan maupun tulisan.
  2.  Mampu memimpin suatu organisasi yang menghargai pendapat orang lain, bermoral dan beretika dalam setiap tindakannya.
  1. Kompetensi Pendukung:
    1. Mampu membangun jejaring baik ditingkat nasional maupun ASEAN
    2. Memiliki kepekaan terhadap kondisi kemiskinan, keterbelakangan, kesehatan dan kerusakan lingkungan hidup.
  1. Kompetensi Lainnya:
    1. Mampu mengimplementasikan rencana strategik suatu organisasi dengan berhasil sehingga dapat mencapai tujuan strategik yang dirumuskan.
    2. Mampu beradaptasi dengan perkembangan lingkungan nasional dan internasional.

Ketiga kompetensi lulusan ini telah dirumuskan berdasarkan prespektif Kerangka Kompetensi Nasional Indonesia (KKNI) dan ASEAN Economic Community sesuai dengan visi, misi, dan tujuan strategik prodi MM FE UNP. Hal ini tercermin dari kompetensi utama yang telah mengandung unsur penguasaan konsep, pengembangan, kemampuan analitik, pemecahan masalah, mengelola riset yang bermanfaat bagi masyarakat dan pengembangan ilmu, serta mempunyai kemampuan manajerial yang bermoral dan beretika. Aspek ini diperkuat oleh kompetensi pendukung dan lainnya yang menekankan pada kerjasama dan membangun jejaring, serta kemampuan mengimplementasikan rencana strategik dengan baik dan selalu beradaptasi dengan perkembangan lingkungan nasional dan internasional.

Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang menawarkan pilihan konsentrasi atau peminatan kepada mahasiswa. Konsentrasi atau peminatan ditawarkan pada semester III dengan mengambil mata kuliah sebanyak12 SKS sesuai dengan kompetensi peminatan tersebut. Konsentrasi atau peminatan murni didasarkan pada minat atau pilihan mahasiswa. Konsentrasi yang ditawarkan adalah;

  1. Manajemen Pemasaran
  2. Manajemen Sumberdaya Manusia
  3. Manajemen Publik
  4. Manajemen Sekolah
  5. Manajemen Keuangan Daerah

Sejak tahun 2012, konsentrasi atau peminatan mahasiswa hanya memilih Manajemen sumberdaya manusia dan Manajemen Pemasaran.

UNP Smart